PERANGKO TERMAHAL

 Sailing Ship British Guyana 
One Cent Black Magenta - British Guyana - 1856
Sejarah: 

Koloni Inggris Guyana kehabisan perangko pada tahun 1856. Sambil menunggu pengiriman perangko yang baru dari London, Gubernur Guyana saat itu memerintahkan koran lokal untuk mencetak secukupnya perangko seharga 1 sen dan 4 sen. Perangko-perangko tersebut dicetak diatas kertas kasar dengan ukuran yang aneh bersegi delapan. Pada tahun 1973 seorang anak menemukan perangko ini diatas loteng rumahnya. Perangko tersebut dijual kepada keluarga Dupont pada tahun 1980 dengan harga hanya dibawah USD$ 1 juta.
Nilai: 
Diatas USD$ 3 juta

Jumlah dicetak: tidak diketahui
Yang ada saat ini: 1

3 Skilling Sverige
Yellow - Sweden - 1885
Sejarah: 

Kesalahan dalam pencetakan yang tidak diketahui penyebabnya menyebabkan perangko ini menjadi perangko termahal dan paling unik didunia. Sebuah perangko seharga 3 Skilling yang biasanya dicetak diatas kertas hijau, tidak sengaja tercetak diatas kertas kuning. Seorang anak sekolah menemukan perangko ini pada koleksi ayahnya. Sejauh ini hanya diketemukan hanya satu perangko ajaib semacam ini yang terjual seharga USD$ 2.3 juta pada tahun 1996.

Nilai :
Diatas USD$ 2.7 juta

Jumlah dicetak: tidak diketahui:
Yang ada saat ini: 1

Post Office
1 and 2 Penny - Mauritius - 1847

Sejarah: 
Gubernur koloni Inggris di Mauritius menyewa seorang pembuat ja
m untuk mencetak dua perangko pertama kepulauan itu. Sipembuat jam membuat 200 buah perangko 1 penny, dan 200 buah perangko 2 penny. Belakangan Gubernur menemukan bahwa si pembuat jam membuat kesalahan, karena mencetak 'Post Office' bukannya 'Post Paid' pada kedua tipe perangko tersebut. Sialnya, hampir semua perangko tersebut telah terjual. Pada tahun 1993 sebuah amplop yang ditempeli perangko 1 and 2 penny tersebut laku dengan harga USD$ 3.8 juta. 
Nilai :
Diatas USD $2 juta

Jumlah dicetak: 200
Yang ada saat ini: 30


Post a Comment