FILATELI



Prangko yang awalnya hanya dimaksudkan sebagai tanda pelunasan biaya pengeposan, ternyata berkembang menjadi benda koleksi. Seseorang yang gemar mengumpulkan prangko dan benda-bendapos lainnya disebut Filatelis sedangkan filateli meliputi studi tentang prangko serta pelayanan pos, cap pos, system dan sarana pengiriman.


Filateli berasal dari bahasa Yunani terdiri dari dua kata yakni philos yang artinya teman dan ateleia yang artinya bebas atau suka dari kewajiban membayar, secara harfiah berarti suka atau gemar mengoleksi prangko siapa saja bebas melakukan pengumpulan prangko, baik oleh orang dewasa , para remaja, dan anak-anak tanpa membeda-bedakan bangsa, bahasa, agama, golongan serta kedudukan social seseorang. Bahkan beberapa tokoh dunia yang terkemuka telah menjadikan pengumpulan prangko sebagai salah satu hobby mereka antara lain Raja George V dari Inggris, Presiden Roosevelet dari Amerika Serikat, Raja Alfonso XIII dari Spanyol, Raja Fuad dari Mesir dan Ratu Marie dari Rumania. Dengan kata lain filateli adalah keinginan untuk meneliti lebih lanjut hal ihwal mengenai prangko dan benda-benada lainnya yang berkaitan dengan prangko sebagai objek ilmiah, sedangkan mereka yang gemar untuk mengumpulkan prangko disebut filatelis.

Pengumpul Prangko pertama adalah Dr. Gray seorang pejabat Museum di Inggris yang mencari Prangko melalui media The London Times tahun 1841. Pada perkembangannya, Prangko merupakan benda seni yang banyak pengagum dan pengumpulnya didunia, antara lain karena sifatnya yang internasional, dapat dilakukan oleh siapa saja . Beberapa tokoh dunia yang berhobi mengumpulkan Prangko adalah Raja George V dari Inggris, Presiden Roosevelt dari Amerika Serikat, Raja Alfonso XIII dari Spanyol, Raja Fuad dari Mesir, Ratu Marie dari Rumania.

Dengan begitu besarnya minat terhadap Filateli, kemudian lahirlah organisasi-organisasi yang berkaitan dan ingin menumbuh kembangkan kegiatan yang berkaitan dengan Filateli, antara lain : FIAP ( Federation of Inter Asian Philately ), PFI ( Perkumpulan Filatelis Indonesia ), FIP ( Federation Internationale de Philatelie ).

Post a Comment